soal jawab jamur



1.       Tuliskan yang dimaksud dangan jamur
Jawab: jamur adalah mahkluk hidup yang telah bersifat eukariotik yang pada umumnya multiseluler, bereprodiksi dengan membentuk spora. Tubuh jamur terbentuk dari hifa yang kemudian menjadi miselium, miselium ini terkadang membentuk buah.
2.       Jelaskan struktur tubuh jamur
Jawab:
a.       Badan buah merupakan struktur reproduksi jamur yang bersifat sementara
b.      Hifa adalah struktur menyerupai benang yang tersusun dari dinding berbentuk pipa
c.       Sel penghasil spora merupakan bagian spora yang akan membentuk spora pada jamur
d.      Miselium merupakan jaringan yang terbentuk oleh hifa
3.       Jelaskan klasifikasi jamur
Jawab:
a.       Zygomicotina, bersifat heterotrof saprofit, tidak bersepta, spora seksual dengan zigospora, dan spora aseksual dengan sporangiospora. Contohnya, Rhizopus .
b.      Ascomicotina, , bersifat heterotrof saprofit, hifa yang dimiliki bersekat, ada yang uniseluler dan multiseluler serta dapat berkembang biak secara seksual dan aseksual. Spora seksual dengan askospora, dan spora aseksual dengan konidiospora. Contohnya,  Saccharomyces.
c.       Basidiomicotina, bersifat heterotrof saprofit dan multiseluler. Bersepta, spora seksual dengan basidiospora, dan umumnya tidak memiliki spora aseksual. Contohnya,  Auricularia.
d.      Deuteromicotina adalah jamur yang berkembang biak dengan konidia dan belum diketahui tahap seksualnya. Tidak ditemukan askus maupun basidium sehingga tidak termasuk dalam kelas jamur Ascomycota atau Basidiumycota. Oleh karena itu, jamur ini merupakan jamur yang tidak sempurna (jamur imperfeksi)
4.       Jelaskan cara reproduksi jamur
Jawab :
a.       Perkembangan secara aseksual dilakukan dengan pembelahan sel (fragmentasi) dan pembentukan spora. Pembentukan spora berfungsi untuk menyebarkan spesies dalam jumlah besar.
b.      Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan peleburan dua sel inti yaitu melalui kontak gametangium dan konjugasi. Kontak gametangium menyebabkan terjadinya Singami, yaitu penyatuan sel dari dua individu. Singami terjadi dalam tiga tahap, yaitu plasmogami, kariogami ,  dan meiosis. Pada tahap plasmogami, terjadi penyatuan dua protoplas membentuk sel yang mengandung dua inti yang tidak menyatukan diri selama pembelahan sel (stadium dikariot). Pada saat bersamaan, terjadi pula pembelahan inti bersama. Setelah pembentukan benda buah, terjadilah peleburan sel haploid (kariogami) inti zigot yang diploid. Setelah ini, baru terjadi meiosis, yaitu pembelahan sel dan pengurangan jumlah kromosom menjadi haploid kembali.
c.       Tubuh jamur biasanya mengandung inti sel yang haploid. Pembelahan mitosis dari sel jamur yang haploid membentuk spora aseksual. Jika mencapai tempat yang menguntungkan, spora aseksual akan memulai pembelahan mitosis. Pembelahan ini menghasilkan miselium haploid baru yang secara genetis sama dengan induknya.
d.      Adapun pembentukan spora seksual dimulai ketika dua inti haploid melakukan fusi dan menghasilkan zigot yang diploid. Zigot kemudian melakukan pembelahan miosis dan membentuk spora seksual yang haploid. Spora kemudian menyebar, berkecambah, dan membelah secara meiosis membentuk miselium haploid yang baru.
5.       Jelaskan manfaat jamur
Jawab:
Peranan jamur dalam kehidupan manusia sangat banyak, baik peran yang merugikan maupun yang menguntungkan. Jamur yang menguntungkan meliputi berbagai jenis antara lain sebagai berikut.
a. Volvariella volvacea (jamur merang) berguna sebagai bahan pangan
berprotein tinggi.
b. Rhizopus dan Mucor berguna dalam industri bahan makanan, yaitu
dalam pembuatan tempe dan oncom.
c. Khamir Saccharomyces berguna sebagai fermentor dalam industri
keju, roti, dan bir.
d. Penicillium notatum berguna sebagai penghasil antibiotik.
e. Higroporus dan Lycoperdon perlatum berguna sebagai dekomposer.
Di samping peranan yang menguntungkan, beberapa jamur juga mempunyai peranan yang merugikan, antara lain sebagai berikut.
a. Phytium sebagai hama bibit tanaman yang menyebabkan penyakit
rebah semai.
b. Phythophthora inf'estan menyebabkan penyakit pada daun tanaman
kentang.
c. Saprolegnia sebagai parasit pada tubuh organisme air.
d. Albugo merupakan parasit pada tanaman pertanian.
e. Pneumonia carinii menyebabkan penyakit pneumonia pada paru-paru
manusia.
f. Candida sp. penyebab keputihan dansariawan pada manusia.
6.       Contoh jamur berdasarkan klasifikasi
Jawab:
1.       Zygomicotina
a.       Murcor mucedo, hidup sebagai saprofit pada sisa tumbuhan dan hewan, misalnya, kotoran hewan dan roti busuk. Dari miselium pada subtratnya muncul benang-benang tegak dengan sporangium pada ujungnya. Sporangium ini berisi spora. Jika sporangium sudah matang, akan pecah sehingga spora akan tersebar keluar. Spora akan tumbuh menjadi miselium baru. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan gametangium.
b.      Murcor javanicus, berperan dalam pembuatan tapai karena jamur ini terdapat dalam ragi tapai. Jamur ini termasuk makhluk hidup yang mempunyai daya untuk mengubah tepung menjadi gula.
c.       Rhizopus sp.,   yang terdapat   pada ragi tempe ini mempunyai daya untuk memecah putih telur dan lemak. Oleh karena itu, ia berperan dalam pembuatan tempe dan oncom putih. Jamur tempe mempunyai hifa yang berguna untuk menyerap makanan dari kacang kedelai. Dalam waktu dua sampai tiga hari, kumpulan hifa tersebut akan membungkus kedelai yang kemudian disebut tempe. Selain pada tempe, jamur ini juga dapat tumbuh di tempat-tempat yang lembap.
2.       Ascomicotina
a.       Neurospora crassa merupakan jamur yang dimanfaatkan untuk pembuatan oncom. Jamur ini berwarna oranye dan sering tumbuh di kayu yang telah terbakar.
b.      Penicillium sp. merupakan jamur yang berkembang biak secara aseksual dengan membentuk konidium yang berada di ujung hifa. Setiap konidium akan tumbuh menjadi jamur baru. Konidium berwarna kehijauan dan dapat hidup di makanan, roti, buah-buahan busuk, kain, atau kulit
c.       Saccharomycota  dianggap sebagai penjelmaan dari Endomycota. Jamur ini hidup sebagai saprofit dan sering dimanfaatkan untuk pembuatan kue, tapai, alkohol, roti, atau bit, bersifat uniseluler, sel berbentuk bulat, tidak berhifa, dan berkembang biak dengan pertunasan.
3.       Basidiomicotina
a.       Contoh jamur yang termasuk dalam Basidiomycota adalah
                                                                           i.      jamur merang ( Volvariella volvacea ) yang dapat dimakan dan dikembangkan
                                                                         ii.      jamur kuping (Auricularia polytricha) yang hidup di kayu lapuk, dapat dimakan dan dikembangkan
                                                                        iii.      jamur tiram (Pleurotes ) dapat dimakan
                                                                       iv.      jamur api yang dapat merusak tanaman tebu
                                                                         v.      jamur beracun ( Amanita phalloides) berwarna putih dan merah, hidup di tanah
                                                                       vi.      jamur upas ( Corticum salmonella ) yang hidup parasit di batang pohon karet atau buah.
4.       Deuteromicotina
a.       Jamur yang tergolong pada jamur  imperfeksi  banyak yang menimbulkan penyakit, misalnya,
                                                                           i.      jamur Helminthosporium oryzae, dapat merusak kecambah, terutama menyerang buah dan menimbulkan noda-noda hitam pada daun inang; 
                                                                         ii.      Sclerotium rolfsii merupakan penyakit busuk pada berbagai tanaman.
b.      Jenis jamur dalam kelompok ini yang menguntungkan adalah
                                                                           i.      jamur oncom (Monilia sitophila atau sekarang bernama  Neurospora sitophila ).
7.       Jelaskan cara jamur bersimbiosis
Jawab:
1.       Lumut kerak merupakan simbiosis antara jamur dan ganggang. Lumut kerak hidup sebagai epifit pada pepohonan. Lumut ini juga tumbuh di atas tanah, terutama daerah tundra di sekitar Kutub Utara. Selain itu, lumut kerak dapat hidup di segala ketinggian di atas batu cadas, di tepi pantai, sampai di gunung-gunung yang tinggi.
2.       Mikoriza adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyebut jamur yang bersimbiosis dengan akar tanaman. Beberapa anggota jamur Zygomycota,  Ascomycota, dan  Basidiomycota  ada yang menjadi anggota Mikoriza. Simbiosis antara jamur dan akar tanaman ini merupakan simbiosis mutualisme. Jamur diuntungkan karena mendapat zat organik, sedangkan tanaman mendapatkan air dan unsur hara. Keduanya saling bergantung. Jika salah satu mati, yang lain tidak dapat hidup.
8.       Praktekkan salah satu makanan yang terbuat dari jamur
Jawab:

0 Response to "soal jawab jamur"

Posting Komentar