Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik

Kompetensi dasar 1.3
Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
Tujuan:
1.     Menjelaskan pengertian sosialisasi poltik (secara umum dan menurut para ahli)
2.     Menjelaskan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
3.     Menjelaskan proses sosialisasi polititk
4.     Menjelaskan pengertian, tujuan, dan fungsi partai politik
5.     Menjelaskan peranan partai politik dalam sosialisasi budaya politik
Jawaban
1.     Secara umum, Sosialisasi politik adalah proses individu-individu dapat memperoleh pengetahuan, nilai, dan sikap terhadap sistem politik melalui perkenalan dan penentuan tanggapan terhadap gejala politik.
Menurut para ahli
1)     David F. Aberle
Sosialisasi politik adalah pola-pola mengenai aksi social, atau aspek-aspek tingkah laku, yang menanamkan pada individu-individu keterampilan (termasuk ilmu pengetahuan), motif-motif dan sikap yang perlu untuk menampilkan peranan-peranan yang sekarang atau yang tengah diantisipasikan (dan yang terus keberlanutan) sepanjang kehidupan manusia normal, sejauh peranan-peranan baru masih harus terus dipelajari
2)     Irvin L. Child
Sosialisasi politik adalah segenap proses dengan nama individu, yang dilahirkan dengan banyak sekali jajaran potensi tingkah laku, dituntut untuk mengembangkan tingkah laku aktualnya yang dibatasi dalam satu jajaran yang kebiasaannya dan bisa diterima olehnya sesuai dengan standar-standar dari kelompoknya.
2.     Berikut ini beberapa aspek penting dari sosialisasi politik :
a.     Sosialisasi politik merupakan proses belajar dari pengalaman.
b.    Sosialisasi politik berlangsung sepanjang kehidupan
c.     Sosialisasi politik memberikan hasil belajar yang berupa informasi, pengetahuan, sikap, motif, nilai-nilai yang tidak hanya berkaitan dengan individu tetapi juga dengan kelompok
d.    Sosialisasi politik merupakan prakondisi bagi aktivitas social politik.
3.     Dalam Proses Sosialisasi Politik, metode yang digunakan :
a.     Pendidikan Politik
Pendidikan politik merupakan suatu proses dialogik diantara pemberi dan penerima pesan. Melalui proses ini para anggota masyarakat mengenal dan mempelajari nilai-nilai, norma-norma, dan simbol-simbol politik negaranya dari berbagai pihak dalam sistem politik seperti sekolah, pemerintah, dan partai politik.
b.    Indoktrinasi Politik
Proses sepihak ketika penguasa memobilisasi dan memanupulasi Warga masyarakat untuk menerima nilai, norma, dan simbol yang Dianggap pihak yang berkuasa, melalui berbagai forum pengarahan Yang penuh paksaan psikologis, dan latihan penuh disiplin. Partai Politik dalam sistem politik totaliter melaksanakan fungsi Indoktrinasi politik

4.     Penjelasan:
a.     Pengertian partai politik
Menurut UU No.2 Tahun 2008 tentang partai politik, Partai Politik adalah organisasi yang bersifat nasional dan dibentuk oleh sekelompok warga negara Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Secara umum Parpol adalah suatu organisasi yang disusun secara rapi dan stabil yang dibentuk oleh sekelompok orang secara sukarela dan mempunyai kesamaan kehendak, cita-cita, dan persamaan ideologi tertentu dan berusaha untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan melalui pemilihan umum untuk mewujudkan alternatif kebijakan atau program-program yang telah mereka susun.
b.    Tujuan partai politik
Untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan guna melaksanakan /mewujudkan program-program yang telah mereka susun sesuai dengan ideologi tertentu.
c.     Fungsi partai politik
1)     Sebagai sarana komunikasi politik
2)     Sebagai sarana sosialisasi politik
Dalam melaksanakan fungsi sosialisasi politik, partai politik berperan mentransmisikan budaya politik dalam rangka pembentukan sikap dan orientasi anggota masyarakat sebagai warga Negara (pendidikan politik)  
3)     Sebagai sarana rekrutmen politik
4)     Sebagai saran pengatur konflik
5.     Dalam melaksanakan fungsi sosialisasi politik, partai politik berperan mentransmisikan budaya politik dalam rangka pembentukan sikap dan orientasi anggota masyarakat sebagai warga Negara (pendidikan politik)




0 Response to "Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik"

Posting Komentar